Sejarah Suku Maya dan 5 Fakta Asli Tentangnya

Sejarah Suku Maya masih menarik untuk dikulik hingga saat ini. Tak heran sih jika banyak orang yang kepo dengan Bangsa Maya. Suku ini dianggap sebagai peradaban Mesoamerika yang memiliki kemajuan budaya paling signifikan.

Arsitektur, seni, hingga astronomi adalah beberapa bidang yang telah dikuasai oleh bangsa Maya sejak awal peradabannya dimulai. Nama suku ini beberapa tahun lalu kembali populer ketika ramalan tentang kiamat pada 2012 digaungkan.

Konon ramalan itu dihubungkan dengan perhitungan kalender Maya. Ya tentu saja ada pro kontra, tapi nggak menyurutkan keingintahuan temans tentang sejarah Suku Maya kan?

Menggali Sejarah Suku Maya Lewat 5 Fakta Aslinya

Buat temans yang sama keponya dengan tukangpos tentang sejarah bangsa yang punya peradaban super hebat di masanya ini, yuk kita gali satu per satu fakta asli paling menarik!

1. Bangsa Maya Belum Punah

Tak sedikit yang menganggap Bangsa Maya tinggallah sejarah. Faktanya, ada sekitar tujuh juta bahkan lebih, keturunan suku ini yang masih tinggal di wilayah tempat tinggal awal.

Bahkan keturunan ini masih mempertahankan warisan-warisan kuno peninggalan nenek moyang mereka lo. Santer terdengar, keturunan Suku Maya ini bahkan saling berkomunikasi menggunakan bahasa Maya. Wuih, keren ya?

Kita bisa menemukan keturunan Bangsa Maya di beberapa daerah bagian Meksiko, Campeche, Yucatán, Tabasco, Quintana Roo, dan Chiapas. Selain itu juga bisa  di beberapa negara Amerika Tengah, seperti Belize, Guatemala, dan bagian barat Honduras dan El Salvador.

2. Pengobatan

Salah satu hal yang paling maju dalam peradaban Bangsa Maya adalah pengobatannya. Tidak hanya melibatkan tubuh, acara ritual dan spiritual, tetapi juga ada sisi sains dan keterlibatan kekuatan pikiran di dalamnya.

Tabib suku Maya tak hanya menjadi perantara dunia roh dan nyata, namun mereka juga kemampuan medis yang oke punya pada zamannya.

Beberapa contoh kemajuan pengobatan bangsa Maya yaitu menjahit luka menggunakan rambut manusia, pembuatan protesa gigi dari giok dan masih banyak lagi. Beberapa metode pengobatan tersebut dikembangkan hingga sekarang lo.

3. Pengorbanan Menggunakan Darah

Sudah pernah menyaksikan film Apocalypto? Film itu menceritakan sepak  terjang dari Jaguar Paw yang menumpas para pemburu.

Dalam sebuah adegan di film itu, ingatkah bahwa ada upacara pengorbanan manusia yang melibatkan darah? Pengorbanan itu dilakukan untuk persembahan kepada dewa.

Faktanya, ritual pengorbanan ini masih dilakukan lo. Tentu saja sudah nggak pakai darah manusia asli ya, tetapi diganti pakai darah ayam.

4. Penemuan Obat Bius

Jangan bangga jadi orang modern dulu. Temans perlu tahu Bangsa Maya adalah suku yang pertama kali menemukan obat bius.

Mereka menggunakan tumbuhan seperti Peyote, The Morning Glory, Tembakau dan Jejamuran untuk melakukan proses pembiusan. Saat itu pembiusan diperlukan agar orang berhalusinasi dan memudahkan proses ritual.

Biasanya proses ritual itu melibatkan dunia roh. Tak hanya itu, bangsa Maya tahu dengan sadar tumbuhan-tumbuhan yang digunakan juga bisa dimanfaatkan sebagai pereda rasa sakit.

5. Keruntuhan Suku Maya

Sejarah suku Maya berakhir di kota pulau bernama Tayasal. Kota ini tetap merdeka hingga akhir, sementara wilayah lain sejak abad 16 sudah dikuasai oleh Spanyol.

Sampai akhirnya, pada 13 Maret 1697, Kerajaan Itza takluk juga pada kekuasaan Spanyol. Hal ini bisa ditemukan lewat situs arkeologi yang fenomenal bernama Chichen Itza.

Fakta unik dari situs tersebut adalah pemilik tanah yang sah adalah sebuah keluarga keturunan suku Maya. Sementara pemerintah hanya menjadi pemilik dan pengelola monumen yang berdiri di atasnya.

Sungguh 5 fakta mencengangkan di atas sepertinya cukup menjawab rasa penasaran akan sejarah Suku Maya ya? Atau justru temans makin bertanya-tanya banyak hal tentang bangsa ini? Boleh lah lain kali kita cerita lagi tentang hal-hal menarik tentangnya ya!

Leave a Comment