Es Krim Jadul, Hanya Anak 90an yang Tahu 10 Jenisnya!

Mana gank anak 90an, sini merapat! Kali ini kita bakal bahas tentang jenis-jenis es krim jadul yang pernah hits pada masanya. Dijamin hanya anak Indonesia tahun 90an aja yang ngerti varian es krim yang bakal mimin sinarpelangi.com geber sebentar lagi.

10 Jenis Es Krim Jadul yang Bikin Kangen

Napak tilas pada era 90an, di mana semua masih begitu sangat sederhana. Es krim yang dijajakan di pinggir jalan atau rumah ke rumah ini sudah jadi hal yang sangat membahagiakan.

Sepotong es krim jadul di tangan dengan harga ratusan rupiah bisa jadi lebih memuaskan dahaga dibandingkan es krim bermerk yang hanya mampu dipandang mata. Sayangnya di antara kesepuluh jenis es krim ini, sudah ada banyak varian yang tak lagi bisa ditemukan di zaman now.

Hayuklah cuzz kita bernostalgia dulu…

1. Es Potong

Es krim yang biasa dijajakan di gerbang sekolahan ini biasanya ramai diserbu anak-anak sepulang jam belajar. Berbentuk tabung dengan desain memanjang. Jika ada yang beli, penjual akan memotong dahulu esnya lalu ditancapkan di dalam sebuah pegangan agar bisa digenggam.

Tak lupa celupkan dulu ke cairan cokelat untuk mendapat cita rasa yang unik dan enak. Es berbahan dasar tepung hunkwe ini memiliki banyak rasa, antara lain coklat, stroberi, vanilla dan alpukat. Kalau kalian dulu suka yang rasa apa, temans?

2. Es Kado

Sesuai namanya, es ini disebut demikian karena memang dilapisi kertas kado di bagian luar. Secara desain sebenarnya nggak jauh beda dengan es potong. Sebelum disajikan juga harus dipotong dulu oleh penjual dan diberi gagang. Varian rasanya juga hampir sama dengan es potong.

3. Es Tong Tong

Nah, kalau yang ini masih bisa ditemukan di beberapa wilayah. Disebut es tong tong karena wadah penyimpanannya berbentuk seperti tong. Tak hanya itu si penjual juga biasanya punya semacam bel yang mengeluarkan bunyi khas “tong.. tong..”

Begitu suara itu terdengar di ujung gang, biasanya anak-anak kecil 90an akan segera berhamburan ke luar rumah dan berebutan membeli es ini. Disajikan dalam bentuk cone beragam warna. Atau bisa juga memilih wadah kertas berbentuk cup dan ditambahi roti tawar agar lebih nikmat.

Kalau sekarang biasanya selain dijual dalam bentuk cone, juga disajikan dalam gelas plastik. Biasanya dicampur dengan Mutiara, meses dan topping kekinian lainnya.

Varian rasa dari es tong tong biasanya hanya satu jenis saja, misal vanilla-stroberi atau vanilla-coklat. Dibuat dari santan dan perisa makanan.

4. Es Lilin

Es ini dikemas dalam wadah plastik. Sebelum bisa dinikmati harus dibekukan dulu di freezer selama beberapa jam. Rasa yang tersedia biasaanya buah-buahan dan adonan lainnya. Banyak yang bilang es lilin adalah es mambo, padahal nggak sama lo.

5. Es Mambo

Nah, ini nih yang banyak dibilang sebagai kenbarannya es lilin. Secara kasat mata emang nampak sama sih. Bedanya kalau es mambo biasanya menggunakan kacang hijau sebagai materi isian. Kalau mau, temans bisa bikin sendiri lo di rumah.

6. Es Gabus

Teksturnya yang empuk seperti gabus menjadi asal-muasal nama es krim jadul ini. Pada masanya es krim ini pernah menjadi primadona. Terbuat dari tepung hungkwee, kita bisa menikmati es gabus dengan memegang lapisan plastik yang ada di luarnya.

7. Es Gosrok

Disebut juga dengan es serut. Cara bikinnya mudah lo, es batu diserut lalu hasil serutannya disajikan dengan topping sirup berbagai warna. Biasanya dijual di depan gerbang sekolah.

8. Es Wawan

Nah, es krim jadul yang satu ini juga banyak peminatnya. Salah satu alasannya karena pilihan rasanya beragam. Varian durian biasanya jadi favorit. Dijual dengan harga Rp500 – Rp1000, pantas saja kalau laris manis ya?

 9. Es Mony

Pada era 90an, merk es yang satu ini laris manis di pasaran. Selain karena harganya yang murah, bentuknya yang unik dan varian rasa yang beragam menjadi alasannya. Hayo, kalian pernah nyobain es Mony belum?

10. Es Roti Tawar

Kalau yang ini sebenarnya merupakan variasi sajian dari es tong tong. Biasa juga disebut sebagai es krim Singapura. Caranya yaitu roti tawar dilipat dua. Di antara kedua lipatan diisi dengan es krim yang kemudian diguyur toping kental manis coklat, Mutiara ataupun meses.

Duh, tukangpos sinarpelangi.com mendadak ngidam pengen nyari es krim jadul nih. Kira-kira di mana ya yang masih jual? Kalian tahu nggak, temans?

Leave a Comment