Cara Merawat Bunga Agar Subur, Sudahkah Anda Coba?

Saat ini kegiatan berkebun atau merawat bunga sudah menjadi salah satu hobi bagi sebagian besar orang. Terutama sejak pandemi menyerang dan rutinitas lebih banyak di rumah. Masalahnya tak sedikit yang merasa  memiliki ‘tangan panas.’

Tangan panas adalah istilah yang mengacu pada seseorang yang tidak berbakat untuk merawat tanaman. Namun apakah benar ada fakta semacam itu?

Berikut ini tim Sinarpelangi.com sudah merangkum beberapa cara merawat bunga agar subur. Semoga bisa membantu teman-teman yang ingin serius berkebun, tapi belum menemukan teknik yang pas.

Jenis-jenis Bunga yang Bisa Ditanam di Kebun

Ada banyak jenis tanaman, tetapi tidak semua tanaman cocok untuk dikembangbiakan di kebun. Berikut ini beberapa bunga hias yang cocok untuk mempercantik rumah Anda:

  • Bunga Melati
  • Bunga Mawar
  • Bunga Anggrek
  • Bunga Alamanda
  • bunga Kembang Sepatu
  • bunga Lili
  • Bunga Kamboja
  • bunga Kenanga
  • bunga Bugenvil, dll.

Adapun yang membedakan bunga hias dengan bunga lain yaitu kehadiran kelopaknya yang indah. Harganya juga tidak terlampau mahal, sehingga cocok dirawat oleh pemula.

Biasanya kalau pemula langsung merawat jenis tanaman yang mahal. Saat gagal, pasti menangis meraung-raung kan, hehe. Nggak balik modal gitu.

Bagaimana Cara Merawat Bunga Agar Subur?

Masalahnya nih, tidak semua orang bisa merawat bunga-bunga di atas dengan sukses. Bahkan ada yang belinya barengan, menanamnya barengan, tapi yang ditanam di kebun A berhasil berkembang. Namun bunga yang ditanam di kebun B gagal berkembang.

Apakah ada rahasia tertentu dalam merawat bunga? Sebenarnya bukan rahasia, lebih tepatnya teknk yang tepat. Dan inilah cara merawat bunga agar subur.

1. Penyiraman yang  Tepat

Menyiram bunga itu nggak boleh asal. Beberapa orang menyatakan jika waktu penyiraman yang baik agar tanaman subur adalah cukup seminggu sekali.

Namun sebenarnya tidak bisa disamaratakan seperti itu. Kita harus tahu bagaimana jenis tanahnya, kelembabannya, paparan sinar matahari dan suhu udaranya.

Jika sudah mengetahui itu semua, kita harus mengetahui berapa kali dalam seminggu tanaman itu disiram. Jangan lupa juga untuk mengamati akarnya.

Apakah warnanya hijau tua dan segar, jika iya, maka bunga itu masih cukup memiliki asupan air. Namun jika akar terlihat kering, saatnya untuk di siram.

2. Hindari Sinar Matahari Langsung

Tidak semua bunga bisa diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Beberapa justru cepat mati karena kepanasan.

Nah,  teman-teman bisa bertanya pada penjual bunga apakah bunga yang dibeli kuat dengan panas matahari atau tidak. Jika tidak, maka letakkan di tempat yang teduh dan terhindar dari  paparan sinar matahari secara langsung.

Jika Anda melihat daun bunga menguning, itu artinya bunga itu terpapar terlalu banyak matahari. Jika daunnya segar dan kokoh, maka sudah mendapat cukup sinar matahari. Kalau daunnya hijau tua, justru harus lebih banyak mendapat sinar matahari.

quote about planting flowers

3. Perhatikan Teknik penyiraman

Bukan hanya memperhatikan waktu penyiraman yang tepat, tapi juga bagaimana cara menyiramnya. Jangan  langsung diberi air dari atas, tapi miringkan dulu bunganya.

Lalu pelan-pelan digerujuki dengan air. Diamkan selama 15-20 menit, baru menambah air yang baru.

4. Periksa Akar Tanaman Secara Teratur

Akar yang busuk akan membuat tanaman tidak subur, bahkan malah mati. Karena akar yang busuk memudahkan bunga terkena infeksi virus dan bakteri.

Oleh karenanya jika Anda menemukan bunga yang ditanam akarnya busuk, potong bagian yang b usuk itu. Lalu berikan fungisida pada bbagian yang terluka. Contoh fungisida adalah kayu manis.

Anda juga bisa bertanya pada penjual bunga, vitamin dan pupuk yang bisa ditambahkan untuk menyehatkan bunga tersebut.

5. Letakkan di Tempat yang Teduh

Rata-rata tanaman bunga hias lebih cocok diletakkan di tempat yang teduh dan tidak langsung terpapar sinar matahari langsung. Beberapa juga cocok diletakkan di dalam ruangan, tapi pastikan si bunga tetap mendapat udara yang cukup ya.

Sama halnya dengan manusia, bunga pun butuh kebahagiaan. Kalau manusia, kebahagiaannya misalnya menemukan hobi yang menghasilkan uang. Maka PR bagi yang merawat tanaman adalah menemukan apa kebahagiaan untuk masing-masing bunga.

Apakah harus diletakkan di  tempat yang teduh, atau harus diletakkan di tempat yang terang. Percayalah, jika bunga tersebut bahagia, si bunga akan tumbuh dengan subur.

Semoga informasi mengenai cara merawat bunga agar subur ini bermanfaat ya. Sampai jumpa di pos-pos berikutnya! Happy gardening, temans.

Leave a Comment